Workshop Bina Masyarakat oleh KKN STITNU Al-Farabi Pangandaran Bagi Peningkatan Kesadaran Beragama di Desa Kondangjajar

STITNUALFARABI.AC.ID | Pangandaran, 19 Agustus 2023 – KKN PAR STIT NU Al-Farabi Pangandaran yang berposko di Desa Kondangjajar sukses menyelenggarakan acara Workshop dengan tema “Bina Masyarakat Desa Kondangjajar Untuk Meningkatkan Kesadaran Beragama Pada Remaja”. Acara yang diselenggarakan pada Sabtu, 19 Agustus 2023 di Aula Desa Kondangjajar Kecamatan Cijulang ini dihadiri oleh 33 peserta dari berbagai lapisan masyarakat. Workshop ini bertujuan untuk memberikan penguatan pemahaman kepada seluruh lapisan masyarakat Desa Kondangjajar terkait pentingnya kesadaran beragama.

Tujuan lain yang diharapkana dari kegiatan ini juga untuk meningkatkan kerjasama yang kolaboratif antara keluarga, masyarakat dan pemerintah setempat dalam mewujudkan kesadaran beragama pada remaja khususnya dan masyarakat pada umumnya di Desa Kondangjajar. Kesadaran beragama yang tinggi sebagai salah satu pondasi penting dalam pembentukan akhlak para remaja dan generasi penerus selanjutnya.

Dua narasumber atau pemateri pada acara workshop yang diselenggarakan oleh KKN PAR STIT NU Al-Farabi Pangandaran Desa Kondangjajar ini merupakan ahli di bidang penggiat keluarga dan bidang keagamaan. Masing-masing memaparkan kasus-kasus kerentanan remaja generasi Z yang marak terjadi dan pentingnya pondasi agama yang menjadi basis perlindungan dan pengendalian remaja di era revolusi industri 4.0. Para narasumber juga menyampaikan tindakan solutif terhadap kerentanan remaja mulai dari sisi keluarga sebagai lingkungan kecil terdekat yang diperankan oleh orang tua, pemerintahan sebagai pemangku kebijakan, juga lingkungan sekitar sebagai tempat berkembangnya remaja dan teman sebayanya.

Pemateri workshop meliputi Dede Nurul Qomariah, S.Pd., M.Pd., selaku dosen pembimbing lapangan KKN PAR STIT NU Al-Farabi Pangandaran Desa Kondangjajar juga merupakan anggota Penggiat Keluarga (GIGA MUDA) Indonesia dan Fahmi Aminudin, S.Pd.I., M.M selaku dosen STIT NU Al-Farabi Pangandaran. Turut hadir juga bapak Mukarom, S.Pd selaku Kepala Desa Kondangjajar dan Ketua MUI Desa Kondang jajar yang ikut berdiskusi dengan peserta workshop.

“Kami sangat berterima kasih kepada para pemateri dan peserta workshop yang telah ikut berpartisipasi dalam mensukseskan acara workshop kita hari ini. Kami berharap acara ini akan memberikan dampak positif, menambah wawasan, serta penguatan mengenai cara-cara menghadapi kerentanan remaja melalui penyadaran beragama bagi orang tua, masyarakat dan pemerintah setempat sesuai dengan tujuan kegiatan” ujar Eko Rismanto selaku Ketua Pelaksana sekaligus Koordinator Desa KKN PAR STIT NU Al-Farabi Pangandaran Desa Kondangjajar.

_________________________________

Penulis :  Badriyah

More
articles