STITNU Al-Farabi Jawab Merdeka Belajar Dengan Al-Farabi Excellent Program

{STITNUALFARABI.AC.ID/} STITNU Al-Farabi Pangandaran menjawab kebijakan Permendikbud No 3 Tahun 2020 Pasal 15 ayat 1 tentang konsep kampus merdeka dan merdeka belajar. Al-Farabi excellent program merupakan pengejawentahan yang dilakukan oleh stitnu al-farabi untuk memastikan lulusan yang unggul dan berkarakter.

“Saya meilhat, dinamika pendidikan di Indonesia ini terus berubah. Di Pangandaran sendiri, pembangunan terus melesat baik secara fisik maupun sumberdaya manusia. Lulusan stitnu al-farabi pangandaran harus mampu mengimbangi bahkan menghadirkan solusi baru dalam mengatasi permasalahan yang bermunculan, baik yang berhubungan dengan manajemen pendidikan maupun pendidikan anak usia dini. Terlebih, Karakter ke-islam-an harus muncul sebagai etika dan estetika dalam kehidupan bermasyarakat. Kebijakan pemerintah mengenari kampus merdeka dan merdeka belajar kami jawab dengan program percontohan yang kami namai Al-Farabi excellent program”. Ungkap Drs. Asep Saepurrohman, M. M. selaku ketua STITNU Al Farabi Pangandaran.

Pendidikan tinggi diharuskan menjalankan tri darma perguruan tinggi. STITNU Al – Farabi Pangandaran sendiri tidak pernah lepas dari tiga hal yang menjadi amanat dan kewajiban suatu perguruang tinggi. Drs. Asep Saepurrohman, M. M. memaparkan, “Riset, mengajar, praktik kerja, proyek kemanusiaan, kewirausahaan, kuliah kerja nyata, proyek pribadi mahasiswa terus kami genjot untuk memastikan peran perguruan tinggi dalam membangun peradaban”.

“Al-Farabi Excellent Program menjadi proyek percontohan untuk menciptakan sumberdaya manusia unggul dan memiliki karakter islam rahmatan lil alamin. Kecakapan dalam hal spiritualitas, sosial, pengetahuan dan keterampilan menjadi objek dalam program ini. Al-Farabi Excellent Program memproyeksikan tentang mahasiswa yang memiliki kecakapand dalam pelayanan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan saling menghormati sesama hidup. Kemudian, pengetahuan dalam bidang informasi komunikasi dan teknologi dan juga riset yang kompetibel dan solutif akan kebutuhan dan perkembangan jaman”. Papar ketua STITNU Al Farabi Pangandaran tentang konsep kurikulum Al-Farabi Excellent Program.

More
articles