Mahasiswa KKN PAR Kondangjajar Mengadakan Perlombaan MHQ Dan Praktek Sholat Antar RW Sedesa Kondangjajar

STITNUALFARABI.AC.ID | KKN PAR STIT NU Al-Farabi Pangandaran Desa Kondangjajar sukses menyelenggarakan acara lomba keagamaan dalam rangka memperingati HUT RI ke-78 dan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H, Minggu 20 Agustus 2023 bertempat di Aula Desa Kondangjajar. Dihadiri oleh Kepala Desa Kondangjajar Bapak Mukarom, S.Pd. juga ketua MUI Desa Kondangjajar.

Acara yang diselenggarakan secara sederhana namun dapat berjalan dengan lancar. Lomba keagamaan ini meliputi dua jenis lomba yaitu MHQ ( Musabaqoh Hifdzil Qur’an) dan praktek shalat dengan target peserta tingkat sekolah dasar (SD) perwakilan dari 8 RW se-Desa Kondangjajar. Lomba keagamaan ini bertujuan untuk menciptakan generasi berkarakter islami, beriman, berprestasi, dan cerdas intelektual. Juga membudayakan kreativitas serta menumbuhkembangkan prestasi anak-anak tingkat sekolah dasar di bidang keagamaan.

Kepala Desa Kondangjajar, Mukarom,S.Pd, dalam sambutannya menuturkan agar peserta lomba lebih giat lagi dalam meningkatkan kualitas beribadah khususnya shalat dan membaca Al-Qur’an

“Semoga peserta lomba lebih giat lagi dalam meningkatkan kualitas beribadah khususnya shalat dan membaca Al-Qur’an sebab itu yang paling utama dalam kehidupan kita. Saya berharap kepada seluruh peserta lomba agar tidak putus asa belajar membaca, menghafal Al-Qur’an dan ibadah shalat. Bukan hanya sebatas untuk lomba saja tapi untuk di amalkan di setiap saat. Disamping itu orang tua juga harus memberikan contoh yang baik agar anak terbawa oleh lingkungan untuk selalu istiqamah dalam ibadah. Sebagaimana pepatah mengatakan childern see, children do, anak melihat, anak melakukan.”. Ujar Mukarom, S.Pd.

Selain orangtua dan lingkungan, pemerintah pun harus serius dalam meningkatkan kekuatan spiritual bidang baca Al-Qur’an di masyarakat khusus nya pada anak-anak dan remaja dengan melaksanakan program magrib mengaji. Program tersebut merupakan bentuk kepedulian pemerintah yang telah sering digaungkan, namun dalam realitanya anak-anak dan remaja zaman sekarang surut perhatiannya dalam hal tersebut. Untuk itu perlu adanya kolaborasi sinergi yang kuat antara pemerintah, orang tua, anak, remaja dan lingkungannya, agar cahaya islam tidak padam sehingga masih dapat tercipta generasi agamis dan bertaqwa untuk masa depan.

________________________________________

Penulis : Badriyah

Editor : Isyfi Agni Nukhbatillah

More
articles