Ketua STITNU Al Farabi Lepas PPL Berbasis Riset 2020/2021
PPL Berbasis Riset 2020
Program PPL bertujuan untuk memberikan seperangkat kemampuan kepada mahasiswa berkenaan dengan aktivitas nyata pada dunia pendidikan atau dunia kerja

STITNUALFARABI.AC.ID. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa untuk berpartisipasi dengan tugas langsung di Lembaga pendidikan negeri maupun swasta. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengabdikan ilmu-ilmu yang telah diperoleh di kampus. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan wujudĀ  relevansi antara teori yang didapat selama di perkuliahan dengan praktik yang ditemui. Praktik kerja lapangan dipandang perlu karena melihat pertumbuhan dan perkembangan lembaga pendidikan di Indonesia.

pelepasan dan pengarahan ppl berbasis riset stitnu al farabi pangandaran 2020 2021

Ketua STITNU Al Farabi Pangandaran, Drs. Asep Saepurohman, M. M. dalam sambutannya menyampaikan, “Program PPL bertujuan untuk memberikan seperangkat kemampuan kepada mahasiswa berkenaan dengan aktivitas nyata pada dunia pendidikan atau dunia kerja. Hal ini akan memberikan gambaran sesungguhnya tentang dunia kerja yang didalamnya terjadi akomodasi berbagai konsep dan teori dengan persoalan-persoalan praktis yang dihadapi serta upaya pemecahannya. Program PPL ini akan menjembatani dua aktivitas belajar yakni antara belajar teori dikelas dengan kondisi nyata yang ada dilapangan sesungguhnya”.

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) akan menambah kemampuan untuk mengamati, mengkaji serta menilai antara teori dengan kenyataan yang terjadi dilapangan yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas managerial mahasiswa dalam mengamati permasalahan dan persoalan, baik dalam bentuk aplikasi teori maupun  kenyataan yang sebenarnya. Dalam dunia kerja, setiap instansi memiliki aturan dan kebijakan yang berbeda.

“Dalam perkuliahan mahasiswa mendapat pengetahuan yang berupa teori yang diiringi dengan sedikit praktik. Hal ini tidak cukup, karena ilmu yang didapatkan juga harus diiringi dengan praktik yang direalisasikan dalam kehidupan nyata. Dalam pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa dituntut agar dapat memperluas pengetahuan dan informasi terhadap bidang yang ditekuni atau dipelajari. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini sangat penting karena mahasiswa dapat mengetahui sejauh mana perkembangan komunikasi dan cara kerja yang ada pada sebuah perusahaan atau instansi, apakah ada perbedaan antara teori dan paktiknya. Dengan adanya Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dapat membentuk pola pikir yang terarah dan membangun. Selain itu bisa sebagai bekal untuk mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja yang penuh persaingan, serta mengetahui bagaimana kerjasama dan komunikasi yang dilakukan oleh guru atau pengelola di instansi-instansi terkait.” Pungkas Ketua STITNU Al Farabi Pangandaran, Drs. Asep Saepurohman, M. M.

Irpan Ilmi, S. Hum., M. M. selaku ketua pelaksana PPL T. A. 2020/2021 mengemukakan, “Target dari PPL ini adalah Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial, Kompetensi Teknis, Kompetensi Manajerial, Kompetensi Mengajar. Sedangkan waktu pelaksanaannya terhitung dari 9 Agustus sampai dengan 10 September. Jumlah mahasiswa yang terlibat pada PPL ini sebanyak 44 orang dengan 14 lembaga pendidikan di Kab. Pangandaran dan Jakarta.”

“Dua hal yang menjadi out put PPL 2020/2021 ini, pertama laporan akhir setiap kelompok PPL, kedua laporan jurnal ilmiah yang ditulis oleh setiap mahasiswa-mahasiswi STITNU Al Farabi Pangandaran”. Pungkas Irpan Ilmi sebagai ketua pelaksana PPL dan juga ketua LPPM STITNU Al Farabi Pangandaran.

More
articles