Indonesia Emas 2045, STITNU Al Farabi Perkuat “Excellent Program”
Al Farabi Excellent Program

Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdatul Ulama Al Farabi Pangandaran tingkatkan kompetensi mahasiswa dengan “Excellent Program”. Mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini adalah yang mendapatkan beasiswa KIP (Kartu Indonesia Pintar). Demikian, mahasiswa dituntut untuk mempraktikan setiap materi yang diberikan. Untuk menjamin kualtias  Program yang diagendakan selama 4 tahun pembelajaran ini dievaluasi setiap semester.  

Selama satu semester pembelajaran, tahun ajaran 2020/2021, mahasiswa dibekali pengetahuan dan keterampilan Mic. Excel, Mic. Power point, dan English Academic. Yanti Nurdiyanti penanggungjawab harian Excellent Program menyampaikan,“Setiap materi harus memberikan kontribusi pada permasalahan yang muncul di kampus dan juga dimasyarakat. Misalnya, dalam pengolahan administrasi, biasanya orang suka dipusingkan dengan penghitungan, maka kami mengajarkan mic. Excel kantoran untuk memudahkan dan mempercepat pelayan administrasi. Hasilnya adalah Sistem pengeolahan nilai berbasis excel yang diperuntukan untuk pengolahan nilai di Prodi Manajemen Pendidikan Islam dan Pendidikan Islam anak usia dini.

Perguruan tinggi berperan penting dalam melahirkan generasi emas 2045. Mahasiswa tidak bisa hanya menjadi penonton. Mahasiswa harus menjadi orang yang berperan dalam perubahan di Indonesia.

Ketua Al Farabi Excellent Program, Samsudin, S. Pd. M. M. Memaparkan, “Mahasiswa harus menjadi manusia paling depan dalam mengkritisi keadaan. Salah satu materi yang diberikan adalah sikap melayani. Prosedur di dalam melyangkan gagasan kritik juga harus diikuti, karena itu bagian dari budaya Indonesia dan Islam. Selain itu, mahasiswa STITNU Al Farabi juga harus menguasai bahasa asing yaitu bahasa arab dan inggris.”

STITNU Al Farabi Pangandaran melalui program unggulan ini berharap mahasiswa benar-benar siap menyongsong dan berperan dalam Indonesia Emas. “Kita siap untuk Indonesia Emas 2045. Pintu kolborasi kita buka selebar-lebarnya. Mahasiswa kita bekali terus menerus dengan kecakapan ilmu pengetahuan dan keterampilan, salah satunya melalui Excellent Program. Karena STITNu Al Farabi Panagandaran adalah Excellent University” Pungkas Irpan Ilmi selaku ketua LPPM STITNU Al Farabi Pangandaran.

More
articles