Grand Launching “Al-Farabi Excellent Program” Imbangi Revolusi Industri 4.0

{stitnualfarabi.ac.id/} Sabtu 6 Februari 2021 STITNU Al Farabi Pangandaran mengadakan Grand Launching “Al-Farabi Excellent Program” Hal ini untuk mengimbangi Revolusi Industri 4.0 dengan pendidikan karakter keislaman. Perkembangan teknologi menjebak manusia dalam kemorosatan akhlak mulia. Revolusi industri 4.0 belum tuntas, kini revolusi 5.0 sudah digaungkan oleh banyak negara. Sayangnya di Indonesia sendiri masih tertatih-tatih dalam mengimbangi perkembangan teknologi.

Ketua STITNU Al-Farabi Pangandaran Drs. Asep Saepurohman, M. M. mengatakan, “Di Pangandaran khususnya, teknologi masih menjadi barang yang tabu, bukan dari segi alat-alat teknologi, tapi dari segi fungsi teknologi itu sendiri. Hanya segelintir orang yang paham apa itu revolusi industri 4.0. Istilah smartphone hanya dimaknai dengan alat untuk facebookan, instagraman dan tik-tokan. Atau laptop hanya dipahami sebagai alat untuk ngetik saja, selebihnya hanya alat yang biasa digunakan oleh pejabat desa dan guru.”

Ketersebaran jaringan dan pemaksimalan teknologi dalam kehidupan masih menjadi pekerjaan rumah pemerintah dalam perkembangan jaman ini. “Kita perlu orang-orang yang kompeten dalam menjamu kemajuan zaman ini, orang-orang yang peduli untuk meningkatkan tarap hidup bersama dalam konteks kesejahteraan, dan jawabannya adalah mahasiswa. STITNU Al Farabi Pangandaran tidak ingin hanya meluluskan mahasiswa yang hanya mementingkat dirinya sendiri, abai terhadap persoalan lingkungan dan abai pada amanat undang-undang serta abai pada nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan dan kelestarian lingkungan.” Ujar Ketua STITNU Al Farabi.

Revolusi industri 4.0 yang belu tuntas disambut revolusi industri 5.0 dianggap menjadikan manusia lebih mementingkat dirinya sendiri, hal ini dianggap karena kehidupan sekarang lebih menjunjung kebebesan berekspresi. Selain itu, kuliah hanya dianggap sebagai moda trensportasi menuju kesuksesan tapi mengabaikan sisi saling memuliakan.

“Al-Farabi Excellent Program adalah jawaban atas kesenjangan berfikir tentang kemajuan teknologi dan penghormatan terhadap tataran kehidupan. Dalam kurikulum Al-farabi excellent program ini, mahasiswa diajarkan bagaiman teknologi tepat guna dihadirkan dan bagaiman kita memuliankan sesama hidup. Teknologi harus menjawab kebutuhan hidup manusia, teknologi bukan hanya melahirkan smartphone, tetapi juga harus melahirkan smart people dan smart people harus beriringan dengan kebijaksanaan, kearifan, akhlak mulia dalam hidup”. Jelas Ketua STITNU Al Farabi Pangandaran.

More
articles