Enam Mahasiswa STITNU Al Farabi Pangandaran Kembali Raih Beasiswa Kemenag RI

STITNUALFARABIPANGANDARAN.AC.ID. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Farabi Pangandaran kembali menyalurkan beasiswa Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama Republik Indonesia. Jenis beasiswa yang disalurkan adalah Beasiswa Peningkatan Prestasi dan Akademik (BPPA). Beasiswa ini digelontorkan setiap tahun anggaran sebagai stimulan pembiayaan bagi mahasiswa penerima beasiswa.

Kementrian Agama memberikan beasiswa peningkatan prestasi dan akademik tahun anggaran 2021 kepada mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam (MPI) sebanyak 4 orang, dan mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) sebanyak 2 orang. Enam orang penerima beasiswa tersebut adalah mahasiswa STITNU Al Farabi Pangandaran yang mempunyai IPS 3.50 ke atas dan juga merupakan mahasiswa prestasi non-akademik.

Yanti Nurdiyanti, S. Pd. I., M. M., menuturkan bahwa penerima beasiswa ini adalah mahasiswa yang terpilih oleh system di Kementrain Agama. “Terdapat sebanyak 50 mahasiswa yang mengikuti seleksi beasiswa ini. Semua kita tampung dan kita usulkan. Alhamdulillah, 6 orang mahasiswa STITNU mendapatkan stimulan pembiayaan sebesar Rp. 2000.000,00 setiap orang.” Tutur Yanti Nurdiyanti sebagai kepala Biro Keuangan saat di wawancari di ruang Biro Administrasi.

Beasiswa Sebagai Motivasi

Proses pencairan beasiswa, tutur Yanti, Kementrian agama melalui Direktorat Jederal Pendidikan Islam menyalurkan beasiswa melalui bank BNI ke rekening mahasiswa penerima beasiswa. Beasiswa digunakan untuk membayar biaya perkuliahan di STITNU Al Farabi melalui Bank BJB sebagai bank yang bekerjasama dengan STITNU Al Farabi Pangandaran.

“Kami langsung melaporkan keuangan tersebut kepada pemerintah melalui laman yang telah disediakan. Penerima beasiswa saat ini, juga dapat menerima beasiswa serupa pada tahun anggaran selanjutnya. Kemudian, juga tidak menutup kesempatan kepada mahasiswa lainnya untuk mengikuti seleksi beasiswa ini.” Tambah Kepala Biro Keuangan dan Kepegawaian

Yanti Nurdiyanti, S. Pd. I., M. M. mengungkapkan, tujuan dari pemberian  Beasiswa Peningkatan Prestasi dan Akademik ini adalah meningkatkan  motivasi dalam meningkatkan prestasi akademik dan memiliki daya saing, sehingga hal tersebut dapat memberi dorongan bagi mahasiswa untuk bersaing dan mempertahankan dan mengembangkan prestasinya.

More
articles