Dosen STITNU Al Farabi Meneliti School Based Management di MAN 2 Pangandaran
peneltian di man 2 pangandaran
Dosen STITNU Al Farabi Pangandaran, Yanti Nurdiyanti, S. Pd., M. M. libatkan mahasiswa melakukan penelitian di MAN 2 Pangandaran, Langkaplancar. Penelitian mengangkat temat School Based Management (Manajemen berbasis sekolah) dalam pengembangan Manajemen Pembiayaan Pendidikan di MAN 2 Pangandaran

Dosen STITNU Al Farabi Pangandaran, Yanti Nurdiyanti, S. Pd., M. M. libatkan mahasiswa melakukan penelitian di MAN 2 Pangandaran, Langkaplancar. Penelitian mengangkat temat School Based Management (Manajemen berbasis sekolah) dalam pengembangan Manajemen Pembiayaan Pendidikan di MAN 2 Pangandaran.

Yanti mengatakan, “Tujuan penelitian untuk mengetahui implementasi manajemen berbasis sekolah pada Madrasah Aliah Negeri 2 Pangandaran.”

Alasan Yanti memilih MAN 2 Pangandaran karena sekolah negeri ini diinisiasi oleh masyarakat dan menyatu dengan pondok pesantren.

“MAN 2 Pangandaran dipilih menjadi objek penelitian karena letak geografisnya yang berada di komplek pondok pesantren dan sekolah negeri yang diinisiasi oleh masyarakat. Biasanya sekolah negeri berdiri atas kebijakan pemerintah.”

Pendekatan penelitian ini menggunakan metode case study. Hal ini mendorong mahasiswa untuk lebih mengetahui implementasi dari prodinya. Selain itu, mahasiswa dapat mengetahui pola manajemen pendidikan dengan berinteraksi langsung pada praktisi pendidikan

“Penelitian ini menjadi salah satu metode perkuliahan yang dilakukan dosen untuk menggiring mahasiswa dalam mendapatkan pengetahuan melalui case study atas situasi kondisi pendidikan yang terjadi di masyarakat. Kelak lulusan MPI memahami dan mendapat pengalam bagaimana manajemen sekolah/madarasah dengan beragam jenis lembaga, ya, salah satunya sekolah negeri, MAN 2 Pangandaran.”

Yanti menggaris bawahi penelitian tersebut pada kasus manajemen berbasis sekolah dan manajemen pembiayaan pendidikan. “Batasan masalah pada penelitian ini, mahasiswa difokuskan pada pemahaman implementasi manajemen berbasis sekolah dalam pengembangan manajemen pembiayaan pendidikan pada sekolah negeri.” Terang Yanti.

“Merujuk pada Pasal 51 Undang-Undang RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional ayat 1 yang berbunyi, Pengelolaan satuan pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah dilaksanakan berdasarkan standar pelayanan minimal dengan prinsip manajemen berbasis sekolah/madrasah. Tetapi disisi lain, sekolah negeri merupakan sekolah yang didirikan oleh pemerintah, memiliki perbedaan secara khusus. Maka dari itu, dari hasil dari penelitian ini, ingin mengetahui sejauh mana kebijakan yang dimiliki oleh sekolah dalam menentukan pengembangan program unggulan, pada sekolah dengan ketersediaan pos anggaran yang sudah ditentukan oleh pemerintah.” Pungkasnya.

More
articles